Kunjungi Betang Ensaid Panjang, Puan Maharani Janji akan Renovasi dan Bangun yang Baru

Editor: Redaksi author photo

Ketua DPR-RI, Puan Maharani saat mengunjungi rumah Betang Ensaid Panjang. Foto:prokopim 
Sintang Kalbar, Senentang.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Puan Maharani mengunjungi  Betang Ensaid Panjang, di Desa Baning Panjang, Kecamataan Kelam Permai, Minggu, 20 Maret 2023.

Nampak hadir mendampingi Ketua DPR-RI, Ketua Komisi V DPR-RI, Lazarus, Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, Wakil Bupati Sintang, Melkianus dan Sekretaris Daerah, Yosepha Hasnah. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Puan Maharani, mengatakan senang bisa berkunjung ke Betang Ensaid Panjang.

“Tadi saya sudah melakukan perjalanan jauh sekali. Saya sampai tanya Pak Lasarus, ini kapan nyampainya. Saya sampai melamun karena jauhnya perjalanan kesini. Namun setelah tiba, hati saya bahagia dan gembira sekali. Karena banyaknya warga yang menunggu saya di sini. Ini sudah sore, tapi masyarakat disini masih mau menunggu," ungkap Puan Maharani.

"Saya sungguh merasa terhormat. Saya diperkenankan untuk bisa datang kesini dan melihat aktivitas ibu-ibu yang sedang menenun,” tuturnya.

“Saya bahagia dan bangga bisa melihat langsung rumah Betang Ensaid Panjang ini dan kehadiran saya yang pertama ini, akan membantu pembangunan rumah Betang baru yang seperti ini, paling lambat awal tahun 2024 nanti,” janji Puan Maharani dan spontan disambut tepuk tangan dari warga yang hadir di Betang Ensaid Panjang.

“Saya melihat, kalau ini diperbaiki, sepertinya bagian bawah dan atasnya. Namun berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sintang, Betang Ensaid Panjang ini merupakan cagar budaya, maka kita akan melakukan renovasi supaya tetap ada. Sambil kita membangun Rumah Betang yang baru. Setuju atau tidak?,” tanya Puan Maharani dan Masyarakat yang hadir pun menjawab setuju.

“Kalau rumah Betang Ensaid Panjang yang baru sudah terbangun, saya minta ibu-ibu tetap melakukan aktivitas menenun kain tenun seperti yang saya pakai ini. Kainnya cantik. Sehingga saya minta terus dilakukan. Hasilkan tenun yang bagus lagi. Inilah salah satu warisan budaya yang ada di Kabupaten Sintang dan Kalimantan Barat," tambahnya.

Ketua DPR-RI mengatakan, ini merupakan kunjungan dan pertemuan pertama kalinya dengan masyarakat Kabupaten Sintang.

"Ini pertemuan kita yang pertama kali. Tetapi saya janji, Insya Allah ke depan, saya akan datang lagi kesini ke rumah Betang Ensaid Panjang yang baru,” ungkap Puan Maharani.

“Saya sudah bicara dengan tim dari Kementerian, namun semuanya perlu waktu, tidak bisa tiba-tiba dikerjakan. Namun, Insya Allah, awal tahun depan, rumah betang yang baru akan mulai dibangun. Nanti bangunan barunya, mirip seperti ini, panjangnya 106 mete. Saya juga minta  bentuk yang sama, namun dengan suasana yang diperbaharui,” tutup Puan Maharani. (RILIS PROKOPIM)

Share:
Komentar

Berita Terkini