Upacara Peringatan Hardiknas di Sekadau

Editor: Redaksi author photo

Upacara Peringatan Hardiknas Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau. Foto:wen
Sekadau, Senentang.id - Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar  Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), bertempat di halaman Kantor Bupati Sekadau. Selasa, (2/5/2023) pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, yang memimpin jalannya upacara dan sekaligus membacakan amanat Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan bahwa selama 3 tahun terakhir telah terjadi perubahan di Indonesia, sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita leluhur, Ki  Hajar Dewantara.

"Telah banyak terjadi perubahan selama 3 tahun ini yang membawa kita semakin dekat dengan cita-cita leluhur, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya," ujar Menteri pada amanatnya.

"Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran," ungkap Sekda saat membacakan amanat Menteri Pendidikan RI.

Mekanisme dana Indonesia yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan budaya.

"Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan selama 3 tahun terakhir kita dapat merancang arah perjalanan kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar," kata Sekda saat membacakan amanat Menteri.

"Mari kita semarakkan Hardiknas ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat kemasa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," tutupnya. (tm)

Share:
Komentar

Berita Terkini