Pembukaan Gawai Dayak Bersama OMK Ketungau Tesaek Ke-VI Tahun 2023

Editor: Redaksi author photo

Bupati Sekadau, Aron, saat membuka acara Gawai Dayak bersama Orang Muda Katolik (OMK) Ketungau Tesaek (GDKT) ke-VI Paroki Hati Kudus Yesus Rawak Keuskupan Sanggau tahun 2023. Foto:ni
Sekadau, Senentang.id - Bupati Sekadau, Aron, membuka acara Gawai Dayak bersama Orang Muda Katolik (OMK) Ketungau Tesaek (KT) ke-VI Paroki Hati Kudus Yesus Rawak Keuskupan Sanggau tahun 2023, di Halaman Gereja Santo Matius, Stasi Setapang, Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu,  Jumat (30 juni 2023). 

Tahun 2023 ini Stasi Setapang, Desa Perongkan sebagai tuan rumah Gawai Dayak Ketungau Tesaek OMK Se-Paroki Hati Kudus Yesus Rawak ke - VI dan diikuti ratusan OMK. 

Kepala Desa Perongkan, Ali, mengatakan meskipun pemerintah desa kesulitan dalam membantu kegiatan, tetapi masih bisa membantu dengan nominal yang sedikit. 

Ali menerangkan, Desa Perongkan merupakan salah satu desa di Kabupaten Sekadau yang terdiri 6 dusun, 12 RT, sebanyak 667 KK dan berjumlah 2.317 jiwa. 

"Meskipun sudah 6 tahun berdiri, hingga kini masyarakat tetap hidup berdampingan, suku lainpun ikut juga berpartisipasi," terang Ali. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sekadau, Aron, menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah daerah selalu support kegiatan seperti ini (Gawai Dayak bersama Orang Muda Katolik (OMK) Ketungau Tesaek (GDKT) ke-VI Paroki Hati Kudus Yesus Rawak Keuskupan Sanggau tahun 2023). 

"Harapan saya ajang seperti bisa untuk melestarikan budaya agar tidak tenggelam dan hilang," harapnya. 

Pada momentum seperti ini lanjut Bupati Sekadau, baik adat istiadat, harus di ekspost keluar agar orang mengetahui adanya adat budaya di daerah, seiring berkembangnya zaman teknologi. 

"Pemerintah daerah selalu mendukung kegiatan seperti ini. Kedepan kita bangun rumah adat, dan fokus pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Ayoung Tao Ketungau Tesaek," ujarnya. 

"Pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan beberapa hari kedepan hingga 2 Juli nanti kita harapkan bisa mengasah atau menguji kemampuan kita dengan perlombaan-perlombaan seperti ini," tutup Bupati Sekadau, Aron. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hanura, Paulus Subarno, dari Fraksi Partai Demokrat, Hasan, beberapa OPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Forkopimcam, Forkopimda, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini