Desa Sebetung Deklarasi ODF

Editor: Redaksi author photo

Deklarasi ODF Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu. Foto:ist 
SEKADAU, SN - Bupati Sekadau, Aron menghadiri Deklarasi ODF (Open Defication Free) Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Senin (4/9/2023) siang. 

Deklarasi ODF ini juga di hadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Demokrat, Jefray Raja Tugam, Yodi Setiawan dari Fraksi Partai Gerindra, Asisten, Forkopimda, beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua TP-PKK Kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena Susilawati Aron, Camat Belitang Hulu, Jihon, Forkopimcam, Kades Sebetung, Ahmad Eka Setiawan beserta staf desa lainnya dan Undangan. 

Bupati Sekadau, Aron dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk bisa mewujudkan kehidupan yang sehat harus didukung oleh lingkungan yang sehat. Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat lanjut dia, menjadi tanggung jawab semua pihak mulai dari pemerintah pusat hingga daerah terutama masyarakat itu sendiri. 

Bupati mengatakan, dalam penyelenggaraan pembangunan desa diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lingkungan.

Salah satu wujud nyata terang dia, yakni penyiapan desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu desa yang masyarakatnya melaksanakan 5 pilar STBM ; Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman, mengelola sampah rumah tangga dengan aman dan mengelola limbah cair rumah tangga.

"Desa STBM akan dapat diwujudkan salah satunya melalui Deklarasi ODF (Open Defication Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan," terangnya.

"Dengan ODF dapat menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan diantaranya, diare, thipoid, kecacingan dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya kondisi stunting pada bayi dan balita," bebernya.

"Saya percaya dengan dukungan dari semua pihak program STBM khususnya pilar pertama Stop Buang Air Besar Sembarangan dapat terlaksana dengan baik dan hal ini sudah dibuktikan oleh desa Sebetung hingga pada hari ini gerakan stop buang air besar sembarangan dapat kita deklarasikan di desa Sebetung sebagai desa ODF," kata Bupati Aron.

"Selamat kepada desa Sebetung yang telah mencapai desa ODF. Semoga momentum ini bisa menjadi pemicu bagi desa yang belum ODF di Kabupaten Sekadau untuk segera mewujudkan program stop BABS," ungkap Aron sekaligus menutup sambutannya. (prokopim/am) 

Share:
Komentar

Berita Terkini