Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau Gelar Forum Konsultasi Publik untuk RPJPD Tahun 2025-2045

Editor: Redaksi author photo

Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2025-2045. Foto:dn
Sekadau, SN — Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mengadakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2025-2045. Acara ini dilaksanakan di Aula Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Sekadau pada Rabu, 15 November 2023.

Kegiatan FKP ini diselenggarakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dengan dasar hukum Permendagri Nomor 86 tahun 2017 pasal 18. Tujuannya adalah untuk menyampaikan dan menyepakati permasalahan daerah serta isu strategis yang akan diakomodasi dalam RPJPD Kabupaten Sekadau tahun 2025-2045. Rencana pembangunan ini akan dibagi ke dalam empat periode, yaitu 2025-2030, 2030-2035, 2035-2040, dan 2040-2045.

Bupati Sekadau, Aron, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kehadiran para undangan, termasuk perangkat dan aparatur daerah serta instansi vertikal. "Kehadiran Anda semua menambah semangat kami untuk mengedepankan koordinasi upaya pengembangan partisipatif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah," ujar Aron.

Ia menegaskan bahwa forum ini akan menjadi sejarah pembangunan Kabupaten Sekadau untuk 20 tahun ke depan. Aron mengajak semua peserta untuk aktif memberikan pendapat, saran, masukan, dan merencanakan pembangunan. "Pertemuan hari ini menentukan masa depan Kabupaten Sekadau," ungkapnya.

Bupati Sekadau juga menekankan pentingnya peran semua pihak dalam menyusun RPJPD agar terarah dan terukur guna membangun Sekadau dalam dua dekade mendatang. Ia mengapresiasi kinerja aparatur pemerintah daerah dan meminta mereka serta semua stakeholder untuk memberikan masukan guna menyempurnakan dokumen Rancangan Awal RPJPD. "Mari bersama-sama membangun Sekadau agar pembangunan berkelanjutan akan lebih terarah, terukur, dan akuntabel," ajaknya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi bersama narasumber, antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Plt Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau, dan perwakilan Bappeda Litbang Provinsi Kalimantan Barat. Semua pihak diharapkan dapat berkontribusi aktif dalam perencanaan pembangunan yang akan membawa Kabupaten Sekadau ke arah masa depan yang lebih baik. [dn/as]

Share:
Komentar

Berita Terkini