Wakil Bupati Sekadau Subandrio Pimpin Rakor Evaluasi Pendidikan: Mendorong Inovasi dan Disiplin Guru

Editor: Redaksi author photo

Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Layanan Pendidikan di Satuan Pendidikan Kabupaten untuk Tahun 2023 di kabupaten Sekadau. Foto:ist
Sekadau, Senentsng.id - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Layanan Pendidikan di Satuan Pendidikan Kabupaten untuk Tahun 2023. Acara ini digelar di Aula SMK 1 Sekadau Hilir pada Rabu (13/12/23) dan menjadi agenda perdana di Kabupaten Sekadau. Kepala Dinas Pendidikan, Fran Dawal, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menyediakan hasil pengukuran dan sistem manajemen data terkait akses, mutu, relevansi, dan tata kelola penyelenggaraan pendidikan.

Dalam sambutannya, Subandrio menekankan bahwa kemajuan suatu daerah tak terlepas dari pendidikan. Dia menyoroti keterkaitan erat antara pendidikan dan ekonomi, di mana tingginya sumber daya manusia suatu daerah dapat mengindikasikan kemajuan ekonomi yang baik, dan sebaliknya.

Menanggapi pelaksanaan kegiatan, Subandrio menyatakan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pencapaian program pemerintah di bidang pendidikan, baik dari tingkat pusat maupun daerah. Dia menegaskan perlunya pemahaman yang baik dari para kepala sekolah terkait program dan mekanisme pelaksanaannya guna mencapai hasil evaluasi yang optimal.

Wakil Bupati Sekadau juga menyampaikan bahwa evaluasi bukan hanya sebagai kajian atas pencapaian, tetapi juga sebagai langkah mencari solusi terhadap hambatan yang terjadi. Hal ini diharapkan dapat mencegah terulangnya hambatan tersebut di masa yang akan datang.

Ia berharap pendidikan di Kabupaten Sekadau terus berkembang, dan menekankan bahwa hal tersebut dapat dicapai melalui inovasi dan terobosan, yang seharusnya dilakukan oleh tenaga pendidik yang konsisten dalam tugas dan tanggung jawabnya. Subandrio menggarisbawahi pentingnya upaya peningkatan disiplin, terutama bagi guru-guru yang berstatus PNS. 

"Bagi yang tidak melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai aturan, perlu adanya penegakan sanksi disiplin. Oleh karena itu, ia menyoroti peran aktif dari para Kepala Sekolah dalam mencapai tujuan program-program pendidikan," tegas Subandrio.

Acara ini dihadiri oleh jajaran pejabat dan pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Bandung, para Kepala Sekolah SD se-Kabupaten Sekadau, serta tamu undangan lainnya. Semua pihak diharapkan dapat berkolaborasi dan berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sekadau. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini