Perwakilan Bupati Sintang Hadiri Apel Besar 3 Pilar

Editor: Admin author photo
Apel besar 3 pilar di Kabupaten Sintang 
Sintang, senentang.id - Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan, Henri Harahap mewakili Bupati Sintang menghadiri Apel Besar 3 Pilar di ruang pertemuan Hotel My Home Sintang, Senin (2/12/2019). Kegiatan ini mengusung tema, 'meningkatkan sinergi 3 pilar (Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa) guna mendukung program desa mandiri dalam rangka terwujudnya Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Sintang.

Henri Harahap dalam sambutannya mengatakan, kondisi Sintang saat ini, akan ada kerawanan sosial yang sangat rentan. Dari sisi Pertanian, saat ini berjalan kurang baik. Harga komoditi rendah. Menimbulkan gejolak sosial. Masyarakat dikawatirkan akan menggunakan cara-cara negatif dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kemudian sambungnya, ada persoalan Karhutla. Sintang, tahun 2019 ada banyak titik api. Pasca asap, Sintang  mulai masuk musim hujan. Kabupaten ini berhadapan dengan masalah lingkungan lainnya, banjir dan longsor. Kemudian ada Pilkades dan Pilakada di Sintang tahun 2020. Diperlukan kerja ekstra untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat Sintang. 

"Dalam mengatasi hal itu semua perlu kerjasama antara aparatur desa yang paling dekat dengan masyarakat dengan Babinsa dan Babinkamtibmas yang ada. Kami minta semua pihak ini dapat bekerjasama dengan baik. Lakukan deteksi dini seputar kerawanan sosial," pesannya.

Wakapolres Sintang, Kompol Albert Manurung mengatakan, pihaknya mendapat arahan dari Gubernur Kalimantan Barat untuk mewujudkan sebanyak mungkin desa mandiri. 

"Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah persoalan ketertiban dan keamanan masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, kita perlu menjaga dan memperkuat sinergi antara Babinkamtibmas, Babinsa dan aparatur desa," ujarnya. 

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini, 
 Dirkrimsus Polda Kalbar, Kombes Pol Mahyudi Nazriansah. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, camat se-kabupaten Sintang, Kades dan sejumlah perwakilan OPD terkait. (hms)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini