Pjs. Bupati Sintang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

Editor: Admin/gon author photo

Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum

SINTANG, senentang.id - Mengantisipasi akan terjadinya bencana alam di Kabupaten Sintang, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar kegiatan apel kesiapsiagaan bencana alam banjir, puting beliung dan tanah longsor (Batingsor) dan bencana alam lainnya. 


Apel tersebut  dipimpin langsung oleh Penjabat Sementara Bupati Sintang, Florentinus Anum, pada Rabu, (11/11/2020) bertempat di halaman depan Kantor Bupati Sintang. 


Dalam amanatnya, Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum mengatakan bahwa Kabupaten Sintang merupakan daerah yang sangat rentan akan terjadinya bencana alam, “khususnya pada bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor (BATINGSOR), contohnya saja bahwa kondisi Sintang dalam beberapa tahun terakhir terjadi bencana alam banjir bandang musiman” kata Anum.


Anum menambahkan, bahwa dalam rangka mengantisipasi akan terjadinya bencana alam tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi tentang kewaspadaaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam khususnya Batingsor. 


“kita berikan pemahaman dan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dan menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh," ucap Anum. 


Menurut Anum, Pemerintah dan masyarkat harus saling bersinergi dalam hal penanggulangan dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. Kesiapsiagaan antara Pemerintah dan Masyarakat itu saling berkaitan dan sangat penting, karena kesiapan masyarakat adalah segala upaya untuk menyiapkan kemampuan masyarakat dapat merespon kejadian bencana secara tepat dan cepat dan juga  antara satu instansi baik pemerintah, aparat maupun swasta harus saling bahu membahu agar bencana bantingsor tidak terjadi dan merugikan semua pihak. 


“kita perlu mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi secara tiba-tiba, untuk mengantisipasi dan mencegahnya, perlu koordinasi yang lebih intensif, kemudian akan kami intruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun selama ini dengan baik," kata Anum. 


Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Bernard Saragih menjelaskan bahwa pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini merupakan salah satu bentuk Pemkab Sintang siap menghadapi kondisi bencana alam, 


“kita tau bahwa kondisi cuaca dibulan Oktober hingga Desember 2020 itu akan terjadi perubahan iklim yang disebut La Lina, yang berarti curah hujan lebih tinggi dibandingkan curah hujan yang normal, yang bisa mengakibatkan terjadinya bencana BATINGSOR, sehingga kita sudah siap untuk mengantisipasi akan terjadinya bencana alam tersebut” kata Bernard Saragih. (hms)

Share:
Komentar

Berita Terkini