Bekangdam XII/Tpr Menggelar Dapur Lapangan dan Velbed di PLBN Aruk

Editor: Redaksi


Pontianak, BorneoPost.id – Bekangdam dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr dalam penangan pecegahan penyebaran virus Covid-19 diwilayah provinsi Kalbar disambut dengan arif dan bijaksana. Kabekangdam XII/Tpr dalam melaksanakan dukungan penangan pecegahan penyebaran virus Covid-19 khususnya bidang logistik untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah dipulangkan dari Malaysia ke Indonesia melalui wilayah perbatasan kedua Negara khusunya diwilayah Kalimantan Barat (PLBN Aruk). 


Kabekangadam XII/Tanjungpura, Kolonel Cba Muhammad Risal Salewangang menerangkan bahwa satuan Bekangdam XII/Tpr bergerak atas dasar perintah dari Pangdam XII/Tpr untuk mendukung tugas pokok Kodam XII/Tpr. 


Selain itu, Bekangdam XII/Tpr juga melaksanakan kegiatan pelayanan logistik khususnya pelayanan pemasakan dan angkutan bagi PMI yang masuk ke Negara Indonesia di wilayah Kalbar untuk menuju ke penampungan atau tempat isolasi. 


Provinsi wilayah Kalbar (Aruk) penyebaran covid-19 sampai saat ini masih terjadi peningkatan secara fluktuatif dari angka yang terkonfirmasi covid-19. Untuk mendukung kegiatan hal tersebut Kabekangdam XII/Tpr berupaya dalam mendukung penanganan covid-19 dengan menggelar dapur lapangan dan tenda sebaguna di wilayah batas NKRI yaitu Kalbar Aruk dengan Negara Malaysia. 


Dalam menyikapi hal tersebut Bekangdam XII/Tpr sudah menggelar dapur lapangan  beserta velbed di PLBN Aruk. Kiprah Bekangdam XII/Tpr dalam mendukung kegiatan penanganan terhadap para pelintas di PLBN Aruk Kalbar, bukan hanya mendukung logistik PMI saja namun juga menggelar Velbed untuk tempat istirahat sementara para PMI dan juga pergeseran PMI dari PLBN Aruk untuk dibawa ke tempat isolasi di Sambas serta dalam kegiatan ini untuk mendukung logistik PMI. Rata-rata dalam satu hari Bekangdam XII/Tpr mendukung sekitar 700 orang PMI yang sedang diisolasi atau dikarantina. 


"Sedangkan untuk penanganan isolasi atau karantina PMI diwilayah PLBN Aruk bilamana penuh atau tidak mewadahi kita kirim ke tempat isolasi atau kantina pos isolasi atau karantina wilayah Sambas Kalimantan Barat. Selain itu Bekangdam XII/Tpr  juga menggelar velbed dan tenda lapangan sebagai sarana istirahat sementara PMI di PLBN Aruk yang dijadikan sebagai penampungan sementara," kata Kabekangadam XII/Tanjungpura Kolonel Cba Muhammad Risal Salewangang, Minggu (6/6)


"Perlu diketahui, bahwa Bekangdam XII/Tpr dalam mendukung penanganan kegiatan covid-19 ini bila tidak ada kontribusi/koordinasi yang baik dari semua bidang dan kalangan yang terlibat dalam kegiatan penanganan covid-19 tidak bisa berjalan dengan lancar sebagaimana yang kita inginkan. Maka Bekangdam XII/Tpr sangat berharap kiprah dan kepedulian dari semua bidang dan kalangan yang tergabung dalam penanganan covid-19 kususnya di wilayah batas NKRI PLBN Aruk Kalbar dengan Negara Malaysia. Sehingga dengan demikian kepedulian dan upaya-upaya serta dengan kebersamaan sebagi wujut satu tujuan dalam penanganan virus covid-19 dapat berjalan dengan baik dan ini merupakan bagian dan juga tugas dari salah satu wujud nyata pengabdian Bekangdam XII/Tpr dalam membantu pemerintah daerah Kalimantan Barat khusnya di Aruk terutama dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Untuk itu, mari kita satukan pikiran dan tujuan dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kalbar melalui pintu PLBN Aruk, semoga allah swt selalu membimbing kita semua, memberikan kesehatan, meridhoi dan melindungi kita," pungkasnya. (Dantimdurlap PLBN Aruk Indonesia) 

Share:
Komentar

Berita Terkini