Wabup Sintang Buka Rakercab ISKA, ini Harapannya

Editor: Redaksi author photo

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Kabupaten Sintang tahun 2022 di Balai Kenyalang, Sabtu (15/10/2022). Foto:pkm
Sintang, Senentang.id - Wakil Bupati Sintang, Melkianus, membuka pelaksanaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Kabupaten Sintang tahun 2022 di Balai Kenyalang, Sabtu (15/10/2022).

Dalam sambutannya, Melkianus,  menyampaikan harapannya agar ISKA Kabupaten Sintang terus berperan dalam membantu pemerintah Kabupaten Sintang dalam membangun daerah.

"Saya melihat, ISKA Kabupaten Sintang selama ini sudah bisa mewarnai dinamika di Kabupaten Sintang ini. Saya berharap ISKA bisa terus memberikan masukan dan saran yang baik kepada Pemkab Sintang. ISKA Kabupaten Sintang selama ini sudah mampu menunjukkan peranannya dalam berbagai sektor. Di DPRD Kabupaten Sintang saja misalnya, dari 40 anggota, ada 18 orang diantaranya dari ISKA," ungkapnya.

"Saya mohon dukungan, saran dan masukan dari ISKA Kabupaten Sintang, supaya kami bisa memimpin daerah ini dalam membangun Kabupaten Sintang.  Kita sangat memerlukan bantuan dari siapa saja di Kabupaten Sintang, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dan pemerintah Pusat. Saya juga sepakat bahwa dalam memimpin, intelektualitas dan moralitas sangat penting," tuturnya.

"Mari kita jaga Kabupaten Sintang ini supaya tetap harmonis, aman dan damai supaya kita bisa membangun daerah ini. Kita perlu membuka diri terhadap semua orang. Kita bisa berkomunikasi dengan organisasi Cendekiawan lain seperti PIKI dan ICMI. Kedepan kita bisa bertemu untuk membangun Kabupaten Sintang ini,"  tambah Melkianus lagi.

"Mari kita ikut mewarnai pembangunan Kabupaten Sintang sehingga kita tetap diperhitungkan oleh masyarakat. Mari kita jaga kebersamaan ini dalam membangun Kabupaten Sintang ini," tutup Melkianus.

Ketua ISKA Provinsi Kalimantan Barat, Agustinus Clarus menyampaikan Cendekiawan Katolik harus mengambil peranan dalam membangun gereja dan bangsa Indonesia.

"Sebagai organisasi Cendekiawan, ISKA sejajar dengan ICMI, PIKI dan organisasi Cendekiawan lainya. Kita mensyaratkan intelektual dan moralitas untuk menjadi seorang Cendekiawan dan juga pemimpin. Syarat lain bisa diletakkan pada urutan berikutnya. Dua itu yang sangat penting," kata Agustinus Clarus.

"Saya berharap ISKA Kabupaten Sintang bisa menyusun program yang sederhana dan mudah diterapkan. Waktu kerja hanya 4 tahun. Mari kita bekerja untuk mensosialisasikan merah putih dan ideologi Pancasila di Kabupaten Sintang. Kita ini organisasi resmi dan diakui negara. ISKA harus bermanfaat bagi orang banyak dan tentunya membawa terang," kata Agustinus Clarus.

Ketua ISKA Kabupaten Sintang, Yustinus J menyampaikan bahwa ISKA Kabupaten Sintang sudah banyak peranannya dalam membangun Kabupaten Sintang.

"Kami sepakat bahwa Cendekiawan Katolik harus terus muncul dalam membangun daerah ini. Maka rencana itu harus kita tuangkan dalam rencana kerja organisasi pada Rakercab kali ini," ungkapnya.

ISKA harus melibatkan diri dalam membangun daerah dalam berbagai peranan sesuai dengan tugas kita sehari hari.

Hari ini kata dia, seluruh pengurus ISKA Kabupaten Sintang Periode 2021-2024 berkumpul melaksanakan rapat kerja untuk menyusun program kerja.

"Saya berharap bisa menghasilkan program yang mudah dilaksanakan," pungkasnya. (pkm) 

Share:
Komentar

Berita Terkini