Sekda Sintang hadiri Dies Natalis STAKat di Pontianak

Editor: Asmuni

Perayaan Dies Natalis VI Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, yang dilaksanakan di Gedung Praktik Liturgi STAKat Negeri Pontianak. Foto:ist 
Pontianak, Senentang.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menghadiri Perayaan Dies Natalis VI Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, yang dilaksanakan di Gedung Praktik Liturgi STAKat Negeri Pontianak, Jalan Parit Haji Muksin 2, Kabupaten Kubu Raya, Selasa,17 Januari 2023.

Tahun 2023 ini, Sekolah Tinggi Agama Katolik (STAKat) Negeri Pontianak memperingati dies natalis ke-6 dengan mengangkat tema “membangun komunitas kampus yang rukun, berdasarkan persaudaraan sejati menuju Indonesia hebat.”

Misa dipimpin Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus. Dalam khotbahnya, Mgr. Agus mengajak seluruh warga STAKat untuk peka tehadap situasi sekitar terutama untuk sesama yang membutuhkan, layaknya Bunda maria yang peka terhadap situasi pengantin yang kekurangan anggur. Para warga STAKat juga diharapkan selalu mampu mengandalkan iman kepada Tuhan.

Acara puncak dies natalis dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2023 dengan orasi ilmiah, pemotongan tumpeng, dan pembacaan pemenang lomba.

Dalam sambutannya, Ketua STAKat, Sunarso menyebutkan bahwa meski usia STAKat baru berjalan lima tahun, tetapi sudah cukup mengalami banyak perkembangan.

Ia berharap kehadiran STAKat dapat membuka akses pendidikan yang berkualitas dan terjangkau untuk masyarakat Katolik khususnya bagi masyarakat di Kalimantan Barat.

Ia juga menegaskan walaupun dikelola oleh pemerintah, STAKat tetap merupakan lembaga yang mendukung pelayanan Gereja Katolik terutama dalam bidang pendidikan, seperti tergambar dalam visi “menjadi komunitas yang berilmu dan beriman Katolik” serta tujuan untuk menyediakan akses pendidikan bagi masyarakat Katolik dan sumber daya manusia untuk kepentingan Gereja dan Bangsa.

Untuk memeriahkan Lustrum pertama ini, diadakan berbagai pertandingan dan perlombaan: tenis meja, menulis cerpen, video katekese, serta twibbone yang diikuti oleh mahasiswa. Lomba tersebut dimulai pada 11 Januari 2022. Para dosen, karyawan dan mahasiswa cukup antusias dalam mengikuti lomba tersebut.(RILIS PROKOPIM)

Share:
Komentar

Berita Terkini