Musrenbang di Kecamatan Ambalau

Editor: Redaksi author photo

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Serba Guna  di desa Nanga Kemangai Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang Tahun 2023. Foto:prokopim 
Sintang, Senentang.id - Wakil Bupati Sintang Melkianus, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Serba Guna  di desa Nanga Kemangai Kecamatan Ambalau Kabupaten Sintang Tahun 2023 pada hari Rabu, 15  Februari 2023.

Hadir dalam kegiatan ini  unsur pimpinan OPD, Forkopimcam, para kades, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus,  mengatakan, kegiatan Musrenbang di Kecamatan Ambalau merupakan kegiatan yang ke-9 setelah Kecamatan Sepauk yang dihadiri seluruh pimpinan OPD dan masing-masing kepala desa.

Mudah-mudahan bisa menjadi wadah diskusi untuk peningkatan pembangunan di daerah," harapnya. 

Khususnya dalam bidang pendidikan lanjut dia, diharapkan para kepala desa dan para dewan guru agar segera mengusulkan yang  menjadi skala prioritas mengingat bidang pendidikan merupakan kebijakan pemerintah pusat, dianggarkan pada tahun 2023 sebesar sekitar 147 Milyar yang  harus dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sintang," jelas Melkianus. 

Wakil Bupati Sintang mengungkapkan, kegiatan Musrembang yang dilaksanakan di Kecamatan Ambalau yang dihadiri hampir seluruh pimpinan OPD, ini memang sangat penting, untuk dapat memberikan pemahaman dan informasi terkait masalah pembangunan, serta untuk mengetahui keinginan dari masing- masing-masing desa menyangkut permasalahan perkembangan  pembangunan secara fisik, sosial, ekonomi, infrastruktur, kesehatan serta sektor pendidikan yang ada di pedesaan.

Untuk sektor pendidikan yang merupakan kewenangan kabupaten, masalah perbaikan sekolah untuk rehap ringan, sedang dan berat khususnya SD dan SMP akan diselesikan pada tahun 2023 ini. 

"Untuk itu Melkianus minta kepada para kepala sekolah dan kades untuk segera  melakukan rekap sekolah-sekolah  untuk dibahas segera diusulkan pada bulan Februari ini dan segera diajukan sebelum bulan Maret Tahun 2023," tutup Melkianus. 

Camat Ambalau, Mikhael Wiwinardi mengatakan, kegiatan Musrenbang ini mengangkat thema "Mewujudkan Pembangunan Yang Lestari Melalui Peningkatan Stabilitas Ekonomi Daya Saing Manusia dan Kwalitas Infrastruktur  Serta Tata Kelola Pemerintah Yang Baik Menuju Masyarakat Sintang Yang Damai dan Sejahtera".

"Mengingat kegiatan ini meeupakan wadah memberikan  wahana dan mensinergikan dan menyepakati hasil Musrenbang tingkat desa yang menjadi skala prioritas utama serta menetapkan dan sinkronisasi rencana kegiatan pembangunan tingkat kecamatan Ambalau,"ungkapnya. 

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ini juga diisi dengan penyampaian pemaparan dari masing-masing pimpinan OPD serta audenai dengan sebanyak 33 Kepala Desa serta perangkat desa.

Seusai membuka kegiatan Musrenbang,  Wakil Bupati Sintang, Melkianus  menyerahan piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan Kabupaten Sintang kepada Kepala Desa  Jengkarang, Kepala Desa Korong Daso, Kepala Desa Nanga Pahangan  serta melakukan penandatanganan berita acara kegiatan Musrenbang.

Selain itu, wakil Bupati  Sintang Melkianus pada hari Kamis, 16 Februari 2023 juga menghadiri sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunanv(Musrenbang) di Kecamatan Serawai, di Gedung Serba Guna kantor camat Serawai. (RILIS PROKOPIM) 

Share:
Komentar

Berita Terkini