Diskominfo Sintang Sosialisasi Cara Cerdas Gunakan Media Sosial

Editor: Redaksi author photo

sosialisasi literasi media sosial di SMA Negeri 1 Sungai Tebelian pada Rabu, 1 Maret 2023. Foto:prokopim 
Sintang, Senentang.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang melaksanakan sosialisasi literasi media sosial di SMA Negeri 1 Sungai Tebelian pada Rabu, 1 Maret 2023. 

Sosialisasi dihadiri oleh Abdul Halim, Kepala SMA Negeri 1 Sungai Tebelian dan diikuti oleh 110 pelajar kelas X.

Syukur Saleh, Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa ada 6 cara cerdas dalam menggunakan media sosial supaya bisa menekan dampak negatif pemanfaatan media sosial. 

“kaum remaja dan kita semua hendaknya membatasi waktu penggunaan media sosial. Pilih waktu yang pas untuk menggunakan media sosial. Jangan sampai, waktu yang harusnya produktif, terpakai untuk menggunakan media sosial. Sudah banyak contoh orang yang kecanduan game online dan media sosial,” ujarnya. 

“pengguna media sosial juga harus mampu memilih dan memilah informasi yang positif atau negatif di media sosial. Periksalah dengan teliti informasi di media sosial agar tidak menimbulkan masalah terhadap diri sendiri dan orang lain. Teliti supaya tidak menyesal akan dampak negatifnya,” tambah Syukur Saleh

“hati-hati sebelum membagikan informasi. Saring dulu informasi yang diterima sebelum sharing ke yang lain. Hati-hati juga saat memposting di akun media sosial. Sudah banyak kasus hukum yang terjadi akibat sembarangan menyebarkan informasi dan akibat postingan yang melanggar hukum khususnya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” tambahnya lagi. 

Ia berpesan agar selektif dalam memilih teman dan bergabung dalam group di media sosial. Group medsos itu seharusnya memupuk persahabatan, memberikan informasi positif, tempat diskusi, sopan dan beretika. Jika tidak menampilkan itu, tinggalkan saja group tersebut,” sarannya. 

Selain itu lanjut dia, jaga data pribadi. Jangan posting KTP atau data lain di media sosial. Waspadai penipuan secara online yang marak akhir-akhir ini. Jangan membuka rahasia orang lain. Jangan menyakiti, jangan menghina orang lain. Sudah banyak contoh artis dan selebram yang masuk penjara gara-gara postingan di media sosial. 

“gunakan saja media sosial untuk hal yang produktif dan kreatif. Handphone sudah canggih dan pintar, buat akun youtube, gunakan media sosial untuk memasarkan produk, jualan sayur dan yang lain,” tutup Syukur Saleh. 

Kepala SMA Negeri 1 Sungai Tebelian, Abdul Halim menyampaikan pelajar yang ada di sekolahnya sekitar 500 orang. 

“saya memang menaruh perhatian terhadap pentingnya pemanfaatan media sosial dengan baik. Etika dalam menggunakan media sosial sangat penting bagi kami. Karena saya tahu, handphone sudah dimiliki oleh semua pelajar kami. Semua pelajar sudah menggunakan media sosial,” ujarnya. 

“saya selalu memonitor penggunaan media sosial di kalangan guru dan pelajar di sekolah ini. Kalau ada postingan di media sosial masih menggunakan seragam sekolah dan postingan itu melanggar, maka akan saya berikan sanksi yang keras untuk anak tersebut,” tegas Abdul Halim.

“saya mohon agar pelajar SMA Negeri 1 Sungai Tebelian bisa memanfaatkan media sosial untuk hal yang positif saja. Gunakan handphone untuk menunjang pelajaran,” pungkasnya Abdul Halim. (RILIS PROKOPIM) 

Share:
Komentar

Berita Terkini