Desa Nanga Ansar Deklarasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Editor: Redaksi author photo

Deklarasi Desa ODF di Desa Nanga Ansar, kecamatan Belitang. Foto:di
Sekadau,SN - Pemerintah Desa Nanga Ansar di Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, mendeklarasikan diri sebagai Desa ODF (Open Defecation Free) yang biasa disebut Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) pada Senin, 30 Oktober 2023, di Kantor Desa setempat. Dengan deklarasi ini, Desa Nanga Ansar berkomitmen untuk melaksanakan lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Desa Nanga Ansar, termasuk camat, tokoh agama, dan stakeholder lainnya, karena telah berhasil mewujudkan desa mereka menjadi Desa ODF. "Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Isa menekankan bahwa deklarasi ini menunjukkan komitmen masyarakat untuk hidup sehat. Ia juga mengingatkan bahwa kesehatan bukan hanya tanggung jawab dokter, melainkan juga tanggung jawab pribadi, keluarga, dan perilaku terhadap lingkungan. Dalam konteks ini, Dinas Kesehatan memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Sekda menyampaikan bahwa program sanitasi ini sangat penting, terutama di hadapan ancaman penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). "Pemerintah daerah berkomitmen dengan program Sanitasi ini," katanya. Isa juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), karena tempat air dapat menjadi sumber potensial penyebaran jentik nyamuk.

Dalam kesempatan ini, Mohammad Isa juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kecamatan Belitang, di mana semua tujuh desa di kecamatan tersebut telah mencapai status ODF. "Keberhasilan Camat ini tentu atas peran bapak ibu dan sebagai contoh bagi desa lainnya," tutup Sekda Mohammad Isa.

Deklarasi ODF Desa Nanga Ansar mencerminkan komitmen nyata terhadap kesehatan masyarakat dan upaya pencegahan penyakit melalui sanitasi yang baik di tingkat desa.

Share:
Komentar

Berita Terkini