Dewan Ajak Semua Pihak Waspadai Batingsor

Editor: Admint stg author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengingatkan jajaran Pemkab Sintang untuk waspada terhadap potensi terjadinya bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor (Bantingsor).

“Selain pandemi Covid-19, saat ini kita juga sedang diberikan ujian dan tantangan dalam tugas dengan terjadinya serangkaian musibah dan bencana. Baik di Kalimantan Barat maupun di Indonesia secara umum. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan kepada semua pihak, pemerintah daerah, instansi vertikal maupun stakeholder terkait lainnya yang ada di Kabupaten Sintang untuk selalu siaga dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana,” ujar Jeffray Edward, Senin (15/3/2021).

Jeffray Edward juga meminta pihak terkait untuk melakukan pendataan daerah rawan bencana. Serta memberikan informasi dini kepada masyarakat jika terjadi potensi bencana.

“Selalu persiapkan hal-hal yang diperlukan untuk memberikan bantuan dan pertolongan apabila terjadi bencana di wilayah Kabupaten Sintang. Bencana alam yang mungkin akan terjadi memang tidak sepenuhnya bisa kita prediksi ataupun kita cegah. Namun respon, kepedulian, ketepatan dan kecepatan dalam mengambil keputusan dan tindakan pertolongan akan sangat berarti bagi siapapun yang menjadi korban bencana,” ungkapnya.

Olehkarenanya, Jeffray Edward menegaskan, konsolidasi dan kesiapsiagaan bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, serta komunikasi dan koordinasi intensif antar semua pihak harus terus dijaga. Guna mengantisipasi segala kemungkinan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Selain itu, Jeffray juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M. Yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Lima langkah ini diyakini dapat memutus laju penyebaran virus yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat kita,” pungkas Jeffray Edward. 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini