Dukung Sepauk jadi Wisata Kota Tua di Sintang

Editor: admin1 author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) - Sejarah mencatat, hari jadi kota Sintang yang diperingati setiap tanggal 10 Mei erat kaitannya dengan hijrahnya sosok Jubair Irawan I beserta pengikutnya. Sosok pendiri Kota Sintang ini hijrah dari Kerajaan Sepauk ke titik pertemuan alur Sungai Kapuas dan Sungai Melawi yang sekarang menjadi Keraton Al Mukarramah Sintang.

Dengan mempertimbangkan fakta tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih mengatakan bahwa Sepauk yang merupakan cikal bakal Kerajaan Sintang, sangat layak dijadikan objek wisata kota tua.

Tuah juga berpesan agar institusi pendidikan selain mengajarkan sejarah bangsa Indonesia. Juga menjelaskan sejarah Kabupaten Sintang. Jangan sampai anak muda tidak tahu sejarah daerahnya sendiri. 

“Karena, sejarah adalah bagian penting dari peradaban kita termasuk Kabupaten Sintang,” ucapnya, Rabu (31/3/2021)

Untuk itu, dirinya sangat mendukung wacana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang yang ingin menjadikan Kecamatan Sepauk menjadi Wisata Kota Tua.

“Sepauk ini memiliki nilai sejarah karena merupakan cikal bakal Kerajaan Sintang dan telah tercatat dalam bagian sejarah. Sepauk juga kaya nilai historis dan memiliki benda-benda peninggalan bersejarah,” katanya.

Ia sebagai anggota DPRD Kabupaten Sintang sangat setuju dengan Wacana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang tersebut. “Kami dari DPRD Sintang sangat-sangat mendukung jika Sepauk di Jadikan Wisata Kota Tua di Kabupaten Sintang,” ungkapnya.

Lanjut Tuah, di Kecamatan Sepauk sangat banyak nilai edukasi sejarahnya, ditambah dengan adanya Wisata Kota Tua, tentu sangat berdampak positif terhadap Kecamatan Sepauk dan Kabupaten Sintang. Melalui Wisata Kota Tua, kita bisa memperkenalkan sejarah Sintang dengan sangat detail kepada generasi muda. Termasuk kepada tamu-tamu dari luar Kabupaten Sintang.

Dikatakan Tuah, Status Wisata Kota Tua juga akan menunjang sektor pariwisata Kabupaten Sintang. Sepauk bisa menjadi destinasi wisata bagi para pelancong saat berkunjung ke Sintang. Jika pariwisata di Kabupaten Sintang, khususnya diwilayah Kecamatan Sepauk sudah maju dan berkembang, tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Sepauk ini.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini