Kadisdikbud Akui 3T Minim Sarana dan Prasarana

Editor: Admint stg author photo

 


Sintang, Kalbar (Senentang.id) -  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang, Lindra Azmar mengakui masih ada kendala listrik, jaringan internet dan akses jalan di daerah 3T dalam menyelenggarakan pembelajaran daring di masa pandemi.

Namun terkait pembelajaran tatap muka seperti biasa yang kabarnya akan diadakan kembali, Lindra mengaku belum ada petunjuk resmi dari Kemendikbud.

“Kita masih menunggu petunjuk resmi dari kementerian, gubernur, sampai bupati,” ujarnya, Jumat (12/3/2021).

Namun, katanya, pihak Disdikbud Kabupaten Sintang tetap melakukan persiapan jika pembelajaran tatap muka akan dilakukan kembali. Seperti memastikan protokol kesehatan, tes rapid atau swab untuk murid dan guru, memintai surat pernyataan orang tua siswa, serta menyusun teknis pembelajaran tatap muka di masa pandemi.

Ditengah keadaan demikian, Lindra Azmar mengapresiasi guru-guru yang tetap semangat mencerdaskan anak bangsa. Terutama guru-guru di daerah 3T dengan segala keterbatasannya.

“Kita jangan takut dengan korona. Kita harus tetap semangat mencerdaskan anak bangsa, meski dengan segala keterbatasan,” ujarnya.

Pemkab Sintang, Kata Lindra, punya beberapa program untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Seperti program 100 tower untuk menghadirkan jaringan internet untuk daerah-daerah 3T di Sintang.

“Semua berjalan bertahap,” katanya.

Lebih jauh, pembelajaran di masa pandemi ini juga membuat kita dapat melihat perbedaan kualitas sarana dan prasarana pendidikan antara perkotaan dan daerah 3T. Guna menyeragamkan mutu pendidikan itu, perlu perhatian khusus untuk daerah 3T. Baik dari sisi pengadaan guru, listrik, internet, buku, dan alat pendidikan edukatif.

“Tentunya aspirasi ini akan kami perjungan baik di tingkat provinsi maupun pusat. Sebab masyarakat memiliki hak layak untuk mendapatkan sarana dan prasarana pendidikan yang representatif. Intinya kita lakukan pemeretaan lah,” pungkas Lindra Azmar.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini