Jarot Minta Peserta Terap Kaji Ambil Contoh dari Desa Lemukutan

Editor: Asmuni

Bupati Sintang, H. Jarot Winarno. Foto:pkm
Sintang, Senentang.id - Bupati Sintang, H. Jarot Winarno, melepas keberangkatan 120  Kepala Desa se-Kabupaten Sintang yang akan berangkat menuju Desa Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang untuk melakukan Kaji Terap, di Pendopo Bupati Sintang. Minggu, (2/10/2022).

"Desa Lemukutan sebenarnya tidak ada apa-apanya. Tetapi mereka membangun homestay untuk menampung para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lemukutan. Hasilnya luar biasa saat ini. Ada banyak tamu yang berwisata ke Pulau Lemukutan sehingga homestay yang dibangun oleh masyarakat dan Badan Usaha Milik Desa menjadi penuh,” ungkap Bupati Sintang.

“Inilah salah satu contoh yang bisa ditiru. Di tempat kita ada Kelam Festival pada Desember 2022 nanti. Desa Kebong dan  Kelam Sejahtera hendaknya bisa mencontoh Desa Lemukutan dalam membangun Desa Wisata sehingga maju dan berkembang. Homestay bisa dibangun dan objek wisatanya dijaga dengan baik,”  pesan Jarot.

“Memang, saat ini infrastrukturnya belum bagus, namun tahun depan akan kita perbaiki khusus untuk jalan lingkar Bukit Kelam," timpalnya.

"Saya berharap Kades yang berangkat ke Desa Lemukutan, bisa belajar banyak dari pengalaman mereka," harapnya.

“Silahkan kembangkan potensi wisata yang ada di masing-masing desa. BUMDes, silahkan dirancang dan dikembangkan. Kalau tidak ada modal, bisa pinjam ke bank-bank yang ada. Objek wisata dipadukan dengan hal yang lain.

“Belajarlah ke Desa Lemukutan. Ambil yang positif dari sana dan kemudian diterapkan di desa masing-masing. Mudah-mudahan ada manfaatnya dari kegiatan kaji terap ini,”  pungkasnya. (pkm)

Share:
Komentar

Berita Terkini