19 Perguruan Tinggi ikuti Ekspo PendidikanSMA Panca Setya Sintang

Editor: Redaksi author photo

Ekspo Pendidikan yang ke-14 yang digelar SMA Swasta Panca Setya Sintang selama dua hari, 16-17 Januari 2023. Foto:prokopim 
Sintang, Senentang.id - Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Panca Setya Sintang menggelar Ekspo Pendidikan yang ke-14  selama dua hari, 16-17 Januari 2023 di Balai Kenyalang. Ekspo Pendidikan yang ke-14 ini diikuti 19 perguruan tinggi yang berbasis Kalimantan Barat (Kalbar) dan Jawa.

Ketua Yayasan Sukma Keuskupan Sintang, Pastor Leonardus Miau, Pr, menyampaikan bahwa 14 tahun yang lalu, orang tua siswa-siswi SMA Panca Setya Sintang yang mayoritas berasal dari pedalaman mengeluh kepada pihak yayasan betapa sulitnya mendapatkan informasi perguruan tinggi dan mendaftar.

"Saat itu, anak-anak harus ke Jawa hanya untuk mendaftar, itupun belum tentu lulus. Maka kami berusaha menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, waktu itu hanya 8 perguruan tinggi, di Pontianak dan Jawa. Kami berusaha menjadi jembatan kepentingan orang tua murid dengan perguruan tinggi," kata Pastor Leonardus Miau, Pr. 

Saat itu kata dia, akses informasi belum semudah sekarang ini. Perlu tatap muka untuk mendapatkan informasi perguruan tinggi. 

"Maka kami melaksanakan Ekspo Pendidikan di SMA Swasta Panca Setya. Dan bisa berlangsung baik dan bermanfaat bagi orang tua dan pelajar yang mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sehingga Ekspo Pendidikan ini bisa terus berlangsung dan sampai saat ini sudah 14 kali berlangsung," bebernya. 

Ekspo Pendidikan ini juga mendapatkan respon yang baik dari perguruan tinggi di Pontianak dan Jawa, sehingga peserta semakin banyak yang mau ikut di Ekspo Pendidikan ini. 

"Kami berterima kasih atas kehadiran perguruan tinggi dan lembaga pada kegiatan ini. Kami berharap perguruan tingginya semakin dikenal dan diminati oleh pelajar," harapnya. 

"Silahkan pilih perguruan tinggi terbaik yang ada ini. Semua terbaik, tetapi pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan tujuan anak-anak anda. Jangan dipaksakan. Ke depan, kami upayakan bisa menghadirkan juga perguruan tinggi negeri di Pontianak dan Jawa. Silakan manfaatkan waktu 2 hari ini dengan sebaik-baiknya. Pelajar SMA Kelas XII di Kota Sintang, silakan hadir di Balai Kenyalang," tutup Pastor Leonardus Miau, Pr. 

Kepala Sekolah Menengah Atas Swasta Panca Setya Sintang, Pastor Petrus Juli menyampaikan ada 19 perguruan tinggi yang bisa hadir pada Ekspo Pendidikan yang ke 14 tahun 2023 ini.

"Saya persilakan orangtua dan siswa-siswi SMA Panca Setya Sintang dan masyarakat Kabupaten Sintang yang mau mencari informasi pendidikan bagi putra dan putrinya, kami persilakan untuk datang ke Gedung Balai Kenyalang ini untuk berkonsultasi dan bertanya kepada perwakilan perguruan tinggi yang hadir saat ini,” pungkasnya. (RILIS PROKOPIM) 

Share:
Komentar

Berita Terkini