Sebanyak 40 CPNS Golongan III Angkatan 3 Kabupaten Sintang Ikuti Latsar

Editor: Redaksi


Sintang Kalbar
, Senentang.id - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si membuka Pendidikan Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan 3 Kabupaten Sintang di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang pada Senin, (1/11/2021).

Sebanyak 40 orang Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Angkatan 3 Kabupaten Sintang akan mengikuti Pendidikan Latihan Dasar selama 4 hari. Hadir pada pembukaan Pendidikan Latihan Dasar tersebut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang Witarso, SH, M. Si beserta jajaran BKPSDM dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

"Saat ini kita telah memasuki arah pembangunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam tatanan birokrasi kelas dunia, yang telah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJIMN) tahun 2020-2024," kata Yosepha Hasnah mengawali sambutannya.

Birokrasi kelas dunia itu dicirikan dalam beberapa hal, yaitu pelayanan publik yang semakin berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang semakin efektif dan efisien. Eksistensi ASN sebagai penggerak roda birokrasi memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan tersebut. Tidak terlepas dari fungsi ASN sebagai pelayan publik, pelaksana keblijakan, dan perekat pemersatu bangsa yang sangat berkorelasi erat dalam upaya menata birokrasi kelas dunia.

“Salah satu langkah strategis dalam mewujudkan birokrasi kelas dunia tersebut adalah memperkuat kualitas ASN melalui pengembangan kompetensi sejak dini. termasuk pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dengan harapan dapat membentuk PNS yang berkarakter dan profesional,” bebernya

Selaras dengan visi dan misi Bupati Sintang terpilih saat ini, untuk melanjutkan prime mover yang salah satunya adalah menata dan mengembangkan manajemen pemerintah daerah yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Pemerintahan yang baik dan bersih tersebut dapat dibangun salah satunya dengan memperhatikan aspek sumber daya aparatur. Karena aspek sumber daya aparatur menentukan berjalannya sebuah organisasi.

Sumber daya memegang peranan penting dalam keberlangsungan organisasi. demikian juga dalam pemerintahan, sumber daya aparatur begitu berperan penting dalam menggerakkan roda pemerintahan. Apabila didukung dengan sumber daya aparatur yang berkarakter, berkompeten dan profesional, tentu tujuan prime mover yang dicanangkan dapat dicapai. para peserta pelatihan dasar CPNS inilah yang akan menjadi tunas-tunas baru dalam memberikan nuansa baru dalam budaya organisasi dan diharapkan menjadi katalisator dalam progres pembangunan Kabupaten Sintang.

Urgensi dari membentuk sumber daya aparatur yang berkarakter, berkompeten, dan profesional, tidak ada batas untuk melakukan pengembangan diri dalam meningkatkan kualitas diri, bukan berarti setelah usai mengikuti pelatihan dasar CPNS maka selesai pula untuk meningkatkan potensi diri.

"Saya ingin menyampaikan pesan khusus bagi peserta pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan 3. Saya berpesan kepada peserta Latsar agar bersikaplah profesionalisme, untuk memberikan kinerja yang berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat," pungkasnya.**

Share:
Komentar

Berita Terkini